Jumat, 06 April 2012

SETIAP PRAJURIT TNI AL MENGEMBAN TUGAS “PUBLIC RELATIONS”



“Citra dan reputasi yang baik tidak dapat dibeli, tetapi bisa didapatkan.   Caranya, bukan dengan uang, tetapi dengan perilaku yang baik dari setiap prajurit.”

Setiap pemberitaan media massa menyangkut diri prajurit TNI AL selalu membawa konsekuensi kepada lembaga TNI AL.   Karenanya setiap perilaku prajurit TNI AL, baik positif maupun negatif, secara individu atau dalam hubungan kesatuan, akan berpengaruh langsung terhadap citra atau nama baik TNI AL.   Perilaku positif prajurit TNI AL akan memberikan gambaran positif terhadap TNI AL. Sebaliknya, perilaku negatif yang dilakukan oleh oknum prajurit TNI AL, juga akan memberikan gambaran negative  tentang TNI AL.
Pada dasarnya setiap prajurit TNI AL adalah sosok yang menggambarkan institusi TNI AL itu sendiri. Oleh karena itu sikap dan perilaku prajurit TNI AL harus benar-benar dijaga, agar tidak merusak citra TNI AL secara keseluruhan.  Seberapa pun kecilnya tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh oknum prajurit TNI AL, akan memberikan dampak luar biasa terhadap citra atau nama baik TNI AL.
Setiap prajurit TNI AL mengemban tugas Public Relations.   Apa itu Public Relations?, yakni komunikasi yang secara terus menerus dilakukan untuk membantu institusi TNI AL dan publiknya agar dapat saling menyesuaikan diri, saling memahami, saling mengerti antara satu dengan yang lain sehingga institusi TNI AL bisa diterima, disukai, didukung, serta dihormati, baik oleh anggota prajurit maupun oleh masyarakat luas.
Siapa yang harus melakukan Public Relations ? Tidak lain adalah setiap individu prajurit TNI AL.   Sebab setiap prajurit TNI AL akan menjadi sosok yang menggambarkan tentang institusi TNI AL.   Pemahaman ini harus kita miliki bersama, sehingga setiap prajurit TNI AL harus berhati-hati dan menghindarkan diri dari perilaku negatif.  
Kesadaran dan pemahaman ini juga menjadi awal bagi prajurit TNI AL dalam melakukan tugas Public Relations yang dapat menumbuhkan sekaligus menjaga citra TNI AL.  Citra TNI AL adalah citra diri prajurit TNI AL sebagai individu maupun kesatuan.  Apa yang kita lakukan dan apa yang kita tampilkan di masyarakat, akan menjadi gambaran  wajah institusi TNI AL.
Dedy Ary Yuanto,SAP
Kapten Laut (PM) NRP 15577/P


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...